Dompet Wanita Yang Berasal Dari Limbah Plastik Ini Sangat Unik Dan Memiliki Nilai Ekonomis

Mendaur ulang sampah menjadi kerajinan tangan memang salah satu jalan pintas yang baik. Selain itu kamu bisa menghasilkan uang dengan hanya bermodalkan sampah-sampah yang sudah terbuang. Yang biasa kamu lakukan saat ini pastilah makan makanan kemudian membuang sampahnya dan akhirnya sampah tersebut akan menumpuk, nah inilah saatnya untuk berinovasi membuat kerajinan yang unik dari sampah-sampah tersebut.

Salah satu yang bisa kamu coba untuk mendaur ulang sampah menjadi kerajinan yaitu dompet wanita.

Seperti di Indonesia banyak ibu-ibu membuat kerajinan dompet, tas dan berbagai macam kerajinan lainnya dengan bahan plastik bekas kopi atau deterjen. Ibu-ibu ini tergabung dengan komunitas ataupun sekedar tetangga yang berkumpul saja, tetapi sekarang sekolah-sekolah juga mengharuskan murid-muridnya untuk membuat kerajinan dari daur ulang sampah ini seperti membuat tas ataupun dompet yang mudah untuk dicoba.

Selain mudah dibuat kamu bisa menjualnya kembali, kerajinan ini cocok untuk para ibu rumah tangga atau anak muda sekalipun. Tas dan dompet yang dihasilkan bisa dipakai untuk ke pasar atau dipakai sehari-hari karena modelnya yang unik. Kamu hanya tinggal mengumpulkan plastik bekas kopi atau meminta kepada tetangga untuk mengumpulkan bekas plastik tersebut lalu kamu tinggal membuatnya, cara membuatnya juga mudah seperti ini

  • gunting bungkus kopi
  • lipat menjadi dua bagian
  • Lipat bagian kiri
  • lipat pula bagian kanan
  • Lipat kembali sehingga menjadi 1 lipatan
  • buat menjadi 14 jalur, karena nantinya akan menjadi 2 bagian, yaitu 7 jalur untuk sisi kiri dan 7 jalur untuk sisi kanan.
  • buka kedua lipatan dalam
  • setelah di buka lipatan dalam akan terlihat, kemudan kamu dapat menggabungkan ujungnya hingga membentuk sebuah lingkaran
  • gambar lingkaran hasil gabungkan kedua ujungnya, ada 14 jalur buatlah 3 buah
  • jahit menjadi 3 susun ke atas
  • bungkus kopi sudah dijahit akan menjadi tersusun membentuk dompet pouch.
  • dan terakhir berikan resleting.

Mudah bukan membuatnya selain dengan bungkus kopi kamu juga bisa membuat dompet wanita yang terbuat dari botol bekas. Untuk botol bekas ini cocok untuk menyimpan uang koin.

Yaitu dengan memotong bagian bawah botol, botol yang diperlukan yaitu 2 buah saja gunting ambil bagian bawahnya saja kemudian kamu bisa cat sesuai dengan keinginan setelah kering kamu hanya perlu memasang resleting di bagian pinggir dari botol tersebut. Dan jadilah dompet untuk menyimpan uang koin.

Selain kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bahan kamu juga bisa membuat kreasi unik dari daur sampah ini. Banyak masyarakat Indonesia mendaur ulang sampah menjadi kreasi dompet yang unik dan meraup hasil jutaan rupiah dari hasil karyanya.

Bermodalkan keprihatian warga melihat tumpukan sampah plastik di sekitar pemukimannya, membuat sebagian warga tergerak untuk mendaur sampah tersebut menjadi karya yang bermanfaat selain itu cocok juga untuk mengisi waktu luang.

Memanfaatkan bahan baku limbah seperti tas plastik, koran, majalah bekas, tabloid bekas, bungkus makanan dan minuman atau sampah rumah tangga lainnya menciptakan berbagai hasil kerajinan yang unik dan menarik.

Selain itu banyak wisatawan asing yang tertarik dengan hasil karya daur ulang limbah masyarakat Indonesia, bahkan warga asing ini memakai dompet atau tas dari bahan limbah tersebut untuk di pakai sehari-hari mereka tidak malu untuk memakainya malah merasa percaya diri.

Dengan menawarkan keunikan dari bahan baku tersebut sekarang banyak toko souvenir di berbagai daerah menawarkan hasil karyanya sampai ke benua Amerika. Untuk satu kerajinan ini di banderol dengan harga Rp.5.000 sampai Rp 300.000 per pcs. Dengan harga yang terjangkau inilah sebuah toko souvenir daur ulang limbah ini bisa meraup keuntungan hingga Rp 15.000.000 perbulannya.

Hasil yang sangat besar untuk hanya menjual daur ulang sampah ini, kamu juga bisa mengikuti langkah seperti mereka yang sudah memulai usahanya. Selain untuk mengurangi sampah yang berserakan kamu juga menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Dengan mudahnya media sosial saat ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual hasil karya dompet ini ke berbagai kalangan baik masyarakat domestik maupun warga asing.

Dompet wanita yang dihasilkan dari daur ulang sampah ini memang tidak sebanding dengan dompet-dompet mewah dan mahal di toko-toko ternama, akan tetapi kamu tidak akan bisa mendapatkan keunikan dengan cara gratis. Itulah yang membuat dompet dari bahan daur ulang ini banyak diminati masyarakat.

Akan tetapi banyak anak muda yang merasa malu dengan hasil karya di diciptakan tersebut, maka dari itu ubahlah pola pikir kamu, jika kamu tidak mau memakainya kamu bisa menghadiahkannya kepada ibumu untuk sekedar pergi kepasar atau kepengajian.

Tertarikkah kamu untuk mencoba membuat dompet wanita tersebut atau mencoba membeli dari toko souvenir ? Dompet berbahan limbah ini juga bisa dijadikan untuk kado.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *